Kamis, 28 April 2011

Net yang Bisa Menghancurkan Truk


NORTH CAROLINA, KOMPAS.com - Kita mungkin biasa melihat perangkat penghenti laju di beberapa tempat rawan kejahatan atau yang membutuhkan level pengamanan tinggi. Perangkat itu biasanya berupa palang naik-turun di pintu tempat parkir, pion-pion cor di dekat teras mal, atau bahkan paku-paku jalan yang dipasang untuk menggemboskan ban bagi para penerobos. Biasanya ini ada di film-film action juga.


Di luar sejumlah perangkat tadi, sebuah perusahaan penyedia perangkat keamanan bernama Barrier1 Systems Inc di High Point, North Carolina, AS, juga menyediakan net penghenti laju bernama Arrestor. Ini bukan net biasa, melainkan net yang cukup kokoh. Kalau misalnya palang parkir mudah diterobos seperti biasa kita lihat di film-film, maka jangan main-main dengan yang ini.

Net tersebut bisa menahan truk seberat 7 ton dengan mudah. Bahkan truk tersebut akan hancur jika ngotot menerobos dalam kecepatan 80 km per jam.

Prinsip dasarnya, net itu menyerap energi benturan. Walau tidak disebutkan menggunakan bahan apa, net tersebut bisa mengendur dan mengeras sesuai energi dari kendaraan yang menabrak. Juga bisa melebar hingga 85 kaki (26 meter) atau bisa mencakup 6 lajur jalan saat berfungsi. Ia mudah naik-turun sehingga baru muncul jika diperlukan. Jika tidak diperlukan, net tersimpan di tanah.

Net tersebut terkait dan terkatrol dari dua buah kubah pelindung yang tersimpan di bawah jalan. Jika diaktifkan, maka net tersebut akan ditarik naik oleh dua kubah sehingga terbentang, hanya dalam dua detik.

Total, sudah 26 kendaraan diujicobakan untuk "mencium" net tersebut. Nah, jangan iseng menjadikan kendaraan Anda "tikus percobaan" yang ke-27. (Dimas)

Sumber : barrier1.us

1 komentar:

  1. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 4 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 72hrs
    Get unsecured working capital?
    Email us: fastloanoffer34@gmail.com
    Whats-app us on +918929509036

    BalasHapus