Rabu, 24 Oktober 2012

Tradisi Dan Budaya Masyarakat Betawi (1)-- Acara Malem Mangkat ---


Rawa Buaya, 24 September 2012

Hooaaaahhhmmmm… Bangun tidur shubuh tadi badan berasa pegel-pegel. Tulang-tulang berasa pada copot dari persendian. Sayang aja ini ari Senen, waktunya kerja lagi setelah 2 hari kemaren libur. Emang sih 2 ari kemaren saya libur kerja. Tapi mulain dari malem sabtu (pulang kerja ari jumaat) ampe semalem (malem Senen) nih badan kurang ngaso. Ini bukan lantaran lagi banyak objekan. Tapi semuanya murni lantaran rasa persaudaraan nyang erat sesama masyarakat Betawi, khususnya dalam keluarga besar kami. Sampe sekarang aja badan masih berasa meluang. Rasanya kepengen rebahan lagi, lemesin otot-otot nyang masih pada kaku.


Semua ini bermula dari malem sabtu sepulang kerja di ari jumaat. Sampe rumah jem 7 kurang. Langsung mandi, terus makan sebentar. Jem 7 lewat dikit berangkat ke daerah Kedoya Utara, deket pesantren Asshidiqiyah pimpinan KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Sebenernya ini daerah adalah "Kampung halaman“ saya. Saya lahir di daerah ini. Pada usia 12 tahun dan SD kelas 6 tahun 1996, kami sekeluarga pindah ke daerah Rawa Buaya, Cengkareng. Sekarang warga di “kampung halaman“ saya itu sudah bisa diitung jumlahnya. Hal ini lantaran perkampungan warga di sono udah kegusur ama rumah-rumah gedong komplek perumahan Sunrise Garden. Rumah-rumah gedong di sono besar-besar dan mewah-mewah. Kontras banget ama rumah-rumah kecil di perkampungan kami. Letak rumah nnyang jadi tujuan saya kesono di pojokan komplek. Masuknya liwat pintu gerbang utama komplek. Sampe di sono udah banyak orang pada kumpul. Mereka keliatan masih pada ngobrol. Berarti acaranya belon dimulain. Acara nnyang dimaksud adalah acara muludan atawa Malem Mangkat. Yaitu acara pembacaan sholawat, tahlil, tasbih dan tahmid serta do’a nyang dilakukan bersama-sama. Alhamdulillah, saya kaga ketelatan.

Dalem masyarakat Betawi (entah daerah laennya), acara Malem Mangkat udah jadi budaya. Acara ini dilakukan pada malem nnyang besoknya dilaksanakan resepsi pernikahan. Artinya, semalem acara Malem Mangkat, berarti ini ari pestanya. Malem Mangkat, bermaksud untuk mendo’akan si penganten supaya langgeng dan kehidupan rumah tangganya mendapatkan barokah dari ALLAH SAW serta menjadi keluarga nyang Sakinah, Mawaddah Warrohmah. Dan juga semoga acara resepsinya besok dikasih keberkahan dan kelancaran oleh ALLAH SAW. Acara Malem Mangkat juga merupakan ajang Silaturahmi bukan cuman dalam keluarga besar Shohibul Hajat (nnyang punya hajat), tetapi juga antar sesama warga. Malem Mangkat menjadi ajang untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Lantaran dalam acara tersebut ada acara pembacaan Sholawatan. Dan nyang paling seru (menurut saya), ketika “Marhabban-an“, semua nyang ada di situ pada berdiri. Seolah-olah kita lagi pada nyambut kedatengan tamu agung. Pada saat itu supaya lebih meriah, dinyalain petasan. Karena petasan berkaitan dengan penyambutan terhadap tamu nyang sampe saat ini masih banyak dipake dalam hajatan-hajatan masyarakat Betawi.

Marhabban yaa Nurul ’Aini
Marhabban jaddal Husaini
Marhabban ahlan wa sahlan
Marhabban yaa.... Marhabban

1 komentar:

  1. Do you need Personal Loan?
    Business Cash Loan?
    Unsecured Loan
    Fast and Simple Loan?
    Quick Application Process?
    Approvals within 4 Hours?
    No Hidden Fees Loan?
    Funding in less than 72hrs
    Get unsecured working capital?
    Email us: fastloanoffer34@gmail.com
    Whats-app us on +918929509036

    BalasHapus