Rabu, 24 Oktober 2012

Haji, Panggilan Allah Kepada Orang Yang Beriman



LabbaikAllahumma Labbaik
Labbaika Laa Syarika Laka Labbaik
Innal Hamda Wa Ni’mata Laka
Wal Mulka Laa Syarika Laka

Musim Haji datang lagi ”menyapa” umat Islam. Ibadah Haji merupakan rukun Islam ke lima. Haji adalah panggilan ALLAH SWT kepada umat manusia yang beriman. Salah satu dari 3 panggilan ALLAH. Panggilan ALLAH yang pertama adalah panggilan Sholat. Sebagaimana banyak terdapat dalam Al Quran terkait perintah Sholat. Salah satunya dalam Surah Ibrahim ayat 31 berikut :




Artinya:
Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: "Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan


Perintah ALLAH SWT berikutnya adalah perintah untuk menunaikan Ibadah Haji. Sebagaimana dalam firman ALLAH SWT di QS. Ali ‘Imran : 97 berikut :






Artinya:
Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim, barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (QS. Ali ‘Imran : 97)

Dan Firman ALLAH SWT di QS. Al Hajj : 27 berikut ini :





Artinya:
Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus  yang datang dari segenap penjuru yang jauh. (QS. Al Hajj : 27)

Dan panggilan terakhir yang ALLAH SWT serukan kepada seluruh umat manusia adalah panggilan kematian. Sebagaimana Allah tegaskan dalam surah Az Zumar : 30 berikut :



Artinya:
Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula). (QS. Az Zumar : 30)

Kita semua saat ini baru mendapatkan 2 panggilan saja. Yaitu panggilan Sholat yang dikumandangkan setiap 5 waktu dalam sehari. Serta panggilan haji yang sudah ada pada jaman Rasulullah SAW. Kita tinggal menunggu panggilan kematian yang pasti akan kita terima entah hari ini, esok, setahun lagi. Cepat atau lambat setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati.

Pada musim haji kali ini, saya hanya bisa mendo’akan kepada para jemaah yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji. Semoga ALLAH memberikan mereka kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan ibadah. Kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan tidak kekurangan suatu apapun. Serta menjadi haji yang Mabrur. Dan semoga ALLAH SWT membeikan kesempatan kepada kita untuk mengunjungi rumahNYA. Aamiin.

2 komentar:

  1. iya semoga para jemaah haji nanti nya menjadi haji yang benar .
    bukan hanya mengejar gelar .


    amin :)




    ---
    Supplier Tas Batam

    BalasHapus