welcome to my blog..


Hy... Selamat datang di blog kami... Selamat menikmati suguhan dari kami... Disini, apa saja ada....

Kamis, 29 Maret 2012

DRAMA PALANG PINTU BETAWI


 sebuah adat pernikahan di tanah Betawi.


Salah satu kebudayaan Betawi yang sampai saat ini masih sering kita jumpai di pelosok-pelosok ibukota, terutama pada saat hajatan pesta pernikahan masyarakat Betawi. Palang Pintu Betawi merupakan salah satu budaya warisan leluhur yang dahulu kala tujuannya adalah untuk menunjukkan kalau anak Betawi itu adalah manusia yang memiliki ilmu beladiri yang mumpuni. Selain itu juga anak Betawi pandai dalam ilmu agama, dalam hal ini mengaji. Maka, dalam suatu pertunjukan Palang Pintu Betawi pastinya kedua belah pihak yaitu pihak mempelai wanita dan mempelai laki-laki saling adu keterampilan dalam hal ilmu beladiri yang biasa disebut Silat.


Bermula dari iring-iringan besan calon pengantin laki-laki menuju rumah calon pengantin perempuan. Di antara rombongan besan calon mempelai laki-laki ada tim hadroh/marawis yang menyenandungkan sholawat dengan alat musik pukul. Dan juga ada orang yang berpenampilan layaknya pendekar Betawi. Mereka inilah biasa disebut Jago yang nantinya bertugas untuk membuka Palang Pintu yang dipersiapkan calon mempelai perempuan.

Sedangkan di pihak mempelai perempuan sudah menunggu rombongan penerima tamu dan juga pastinya ada orang-orang yang berpenampilan layaknya pendekar Betawi. Mereka inilah yang biasa disebut dengan Palang Pintu. Untuk calon mempelai laki-laki, jika ingin menikahi calon mempelai perempuan, harus melewati mereka dulu dengan cara berkelahi atau adu keterampilan dalam ilmu Silat. Itulah syarat pertamanya. Jika syarat pertama ini sudah dipenuhi, maka calon mempelai laki-laki masih harus melalui syarat yang kedua. Yaitu menunjukkan keterampilannya dalam hal mengaji atau membaca Al Quran atau bersholawat yang biasa disebut dengan Sholawat Sikeh. Jika kedua syarat ini bisa dipenuhi, maka calon mempelai laki-laki dipersilakan untuk masuk ke rumah calon mempelai perempuan untuk menikahi sang pujaan hati.

Berikut adalah contoh skenario dalam pertunjukkan Palang Pintu Betawi. Ada beberapa pantun di bawah, penulis ambil dari berbagai sumber dan sebagian lainnya merupakan karangan penulis sendiri. Hal ini semata-mata karena harapan penulis agar salah satu Buadaya Betawi ini dapat semakin berkembang.

Jadi, selamat membaca.
 Rombongan Penganten Laki-laki berjalan menuju lokasi akad nikah sambil diiringin sholawatan dari tim Marawis/ Hadroh..

Tim Hadroh/ Marawis : Tholaal badru alaina.. minsaniyyaatil wada.. wajaba syukru alaina madaalillahidaa...

P. Pintu : Wooyy !!! Berenti !!! berenti bang berenti !!! Budeg apa luh pada ??
Ini ada apa ini gumbrang gambreng berisik aja luh disini... Apa luh pada kaga tau kalo majikan gua lagi punya hajat ?!!!

Besan : (sambil berenti) Emang kita pada mao kesitu bang... Mao nengokin calon mantu...

P. Pintu : Ehh bang... Naek mobil lewat kampung Setu... Nyayur labu parang bumbunya terasi.. Kalo mao ambil calon menantu... Liwat kampungan orang kudu permisi..

Besan : Oh jadi liwat sini kudu misi bang..???

P. Pintu : Lha iya.. emang luh kaga liat ada gua disini ??

Besan : Sebelonnya saya ucapin assalamualaikum bang..

P. Pintu : Waalaikum salam gua sautin...

Besan : bang.. Kalo sayur labu parang bumbunya terasi... jangan dibungkus dalem selampe.. Saya tau bang kalo mao liwat kampung orang kudu permisi.. Nyang saya kaga tau, emang abang ini siape ??

P. Pintu : Jiaahhh.. dia belon tau siapa kita ?? (ngomong sama temennya)...

P. Pintu 1 : Kasih tau dah bang... siapa kite..

P. Pintu : Bang... Beli tahu di pasar kote... makan gado-gado di Cikini...
kalo emang luh pengen tau siapa kite.. Kite ini jago kampung sini...

Besan : Ohh... abang jago kampung sini ?? kalo gitu bang... Nyok dah kita makan sekuteng di pasar jumat... Pulangnye mampir dulu ke Pinang Ranti... Saye ama rombongan dateng dengan segala hormat... Mohon diterime dengan senang ati...
P. Pintu : Oh.. rupanya lu dateng kemari udah ada niatan ??

Besan : Dari bedug subuh ampe bedug robek bang....

P. Pintu : Ehh buseehh.. tepoh amat bedug luh... Begini bang ye... Kalo belanja di pasar Kemiri.. jangan lupa beli bumbu masaknye.. Kalo luh udah pada niat dateng kemari.. Coba, gua pengen tau apa hajatnye...

Besan : Lhah... lah... emang belon dikasih tau bang ?

P. Pintu : belon... baru tempe doangan inih ama cabe rawit...

Besan : (nanya ke penganten).. bang, emang belon dikasih tau ke tuan rumehnye ?

Penganten laki : Udeh bang...

Besan : Bang,, ada siang ada malem .. ada bulan ada matahari.. kalo bukan lantaran perawan nyang di dalem.. kaga bakalan nih penganten laki saya anterin kemari...

P. Pintu : Ohh jadi luh dateng kemari lantaran perawan nyang di dalem.. Luh tau ajah disini ada perawannye...

Besan : bang,.. perawan sini mana sih nyang kaga kenal ama saya ???

P. Pintu : Ohh.. rupanya luh disini udah dikenal ama perawan2 sini ya ?

Besan : Kalo belon kenal ama saya, buruan dah kenalan, mumpung saya disini nih…

P. Pintu : Jiahh… kalih gua kata lu udah dikenal disini... Bang... Kaga salah lu nanem ari-ari... Tapi sayang kaga ada lampunye.. Emang kaga salah lu udah dateng kemari... tapi sayang tuh perawan udah ada nyang punye...

Besan : (nanya ke rombongan besan).. Kita kemari dia udah ada nyang punye ?? Terusin kaga nih ??

R. Besan : Terusin dah bang, terusin.. tanggung...

Besan : Bang asal lu tau aja ya... Crukcuk kuburan Cine... Kuburan Islam gua nyang ngajiin... Biar kata tuh perawan udah ada nyang punye... Tetep aja kita mao jadiin...

P. Pintu : Bang gua bilangin ya.. mendingan lu pergi ke Cikini dari pada lu pergi ke Senayan,,, ehh mendingan lu angkat kaki dari sini dari pada hajat lu kaga kesampean....

Besan : Waduuhhh.. ngusir lagi dia... Bang, Ibarat kata baju kepalang basah.. masak nasinye udah jadi bubur.. Ehh biar kata mati bekalang tanah.. Pantang bang kaga bakalan saya mundur...

P. Pintu : Jadi luh kaga mao mundur ??

Besan : Pegimana mao mundur di belakang gua rombongan besan...

P. Pintu : Ikan sapu-sapu mati ditusuk.. Dalem kuali kudu masaknye... Nih palang pintu kaga ijinin lu masuk.. Kecuali lu penuhin dulu persyaratannye..

Besan : Ohh, jadi kalo dapet perawan sini ada syaratnye bang..

P. Pintu : Ada.. mao jadi pelayan aja ada syaratnye... apelagi mao ambil anak perawan orang...

Besan : Bang.. ke Tenabang membeli limo.. jangan lupa sambel kecapnye... Kalo itu nyang abang mao.. sebutin dah bang syarat-syaratnye...

P. Pintu : Lu pengen tau syaratnye ?? Nih lu dengerin... Kuda lumping dari Tangerang, kedipin mata nyari menantu... Luh pada pasang kuping biar terang... Nih luh jatoin dulu gua punya palang pintu...

Besan : Ya udah, abang diem-diem, biar gampang saya jatoin... (sambil nyamperin palang pintunye, terus ngejatoin)

P. Pintu : jiahh ilahh... bukan begitu maksudnyah... Maksud guah, lu bekelai ama gua punya jago...

Besan : Ohh... bekelai maksudnya bang ??

P. Pintu : iya....

Besan : Bang.. kalo kedipin mata mo cari menantu... lu kudu cerita biar orang pada tau... Eh bang.. jangan kata palang pintu.. Palang kereta gua bejek jadi tahu...

P. Pintu : (ngomong ke temennye) Ehh busehh.. sakti ini orang bang ya... palang kereta dijadiin tahu... Buka bang.. kasih liat ke dia, kita punya maenan..

P. Pintu 1 : Bang.. beli gado-gado di bambu apus.. naek sepeda lurus jalannye.. Berapa banyak jago yang udah gua bikin mampus... ini dia bang jurus pukulannye... (Ngeluarin jurus-jurusnye...)

P. Pintu 1 : (usai unjuk permaenan)... ini baru daonnye, belom buahnye...

P. Pintu : Pegimana bang ?? kalo luh takut mendingan luh pulang...

Besan : Eiittt… Ntar dulu bang… Kalo kuda lumping nyari menantu.. Jangan lupa senyum simpulnya... Kalo abang punya palang pintu... Nih udah kita siapin tukang pukulnya... (ngomong ama Jago 1) Unjukin bang, biar dia pada jiper ngadepin kita...

Jago 1 : Bang.. Jalan-jalan ke Tanjung Pasir.. Naek kuda jalannya pelan… Ehh mendingan lu pada minggir… Sebelon kena gua punya pukulan… (keluarin jurusnya..) Tuh bang… kalo lu daonnye… ini gua kembangnye..


P. Pintu : (setelah Jago 1 keluarin jurusnya).. Bang.. Daon pepaya rasanye basi... Jangan dibuang ke pinggir kali.. Maenan sodara kayak kelenci.. mendingan pulang nikahin banci...

Jago 1 : Bang,,, Perahu layar jalannye lurus... sampe tenabang jalannye muter.. Waktu saya ngeluarin jurus.. Temen abang ngapa badannya gemeter... (sambil nunjuk P. Pintu 1).

P. Pintu 1 : Ehh.. bang.. Burung puter mati di lobang... dikuburnye di samping gudang... Gua gemeter bukan karena abang... Gua gemeter lantaran banyak perawan nyang pada mandang....

Jago 1 : Cuiihhh... eh Bang.. Cilincing pagernye tembok... emping ninjo kayak duit gobangan... Ehh lu kencing kaga cebok… Laler ijo pada kondangan..

P. Pintu 1 : Cilincing emang pagernya tembok.. Orang baru gua kelarin... Lu liat gua kencing kaga cebok... Lantaran baba luh yang ngajarin..

Jago 1 : Lu jangan bawa-bawa baba gua... kita berantem ajah dah..

P. Pintu 1 : Jadi lu ngajakin gua bekelai ?? bek kalo gitu, gua kepengen tau sampe dimana lu punya maenan ??

 Akhirnya mereka berdua (P.Pintu 1 dan Jago 1) saling bekelai. Dan pada pertandingan itu dimenangkan oleh Jago 1 dari pihak besan laki-laki.

P. Pintu : (ngomong ama P. Pintu 1), Ahh... payah lu ah... ama dia ajah bisa kalah.. Kapan semalem badan lu udah diisi...

P. Pintu 1 : Ama jimat bang ??

P. Pintu : Lha itu nasi sebakul, semalem siapa yang ngabisin ???

P. Pintu 1 : Diem-diem ajah ngapah bang.. jangan disebut2, jadi malu gua...

Besan : (ngomong ama penganten lelaki).. Tenang aja bang... lu bakal jadi kawin bang... (ngomong ama P. Pintu).. Bang, masing ade jagoan lu ??

P. Pintu : masing banyak bang.. ntar kalo abis, gua pake palang kereta..

Besan : ehh buseh.. palang kereta..

P. Pintu : Nih dia bang jago saya atu lagi...(mbari nunjuk P. Pintu 2) Asal tau aja bang, jurus dia jurus Cikuya.. Pagi makan sorenye kaga.. Ehh abang bole percaya bole kaga... Dia matiin orang sehari tiga..

Besan : Orang beneran bang ??

P. Pintu : Orang-orangan sawah...

P. Pintu 2 : Bang,, Kalo jalan ke Senayan... Ati-ati jalannya licin... Daripada hajat lu kaga kesampean.. lu pilih mati apa lu batalin ??

Jago 1 : Enak aja maen dibatalin.. gua udah jauh2 ari besiap2 maen dibatalin aja.. Bang.. Atasnya pisang dibawahnye jantung... mentah-mentah saya kelapain... biar kata nih pala kena kemplang kena pentung... Urusan Dia gua belain.. (sambil nunjuk penganten laki)...

P. Pintu 2 : Bang.. Tung-tung alang-alang.. Alang-alang empanan kude.. Gua kata mendingan lu pulang bang... Dari pada bini lu jadi jande...

Jago 1 : Tang Tang Gulintang.... Awan di atas bulan berkawan bintang... Abang kalo punya mulut jangan suka menantang.. ntar gua tendang jatoh celentang, gua masupin ke kurung batang...

P. Pintu 2 : Ehh bang.. mana kulon mana wetan.. rumah panggung biliknye papan... Orang-orang pada keringetan.. lantaran mayat geletak gua punya kekuatan...

Jago 1 : Di atas gonggo.. Di bawah gonggo... Ada gonggo item jangan dimatiin... Di situ jago... nih ketemu jago... Nyok kita berantem buat buktiin...

P. Pintu 2 : Ciaattttt....

 Akhirnya Jago 1 dari pihak lelaki bekelai ngelawan P. Pintu 2 dari Pihak perempuan.. Dan dalam pertandingan kali ini, dimenangkan oleh P. Pintu 2.
 Jadi sekarang posisinye 1 : 1



P. Pintu : Lu tetep bekeras pengen masuk bang ?

Besan : Iya bang.. pantang mundur... bang.. Daon kelor enak dimakan.. apa lagi dicampur ama ikan peda... Ama pelor aja dia udah kaga mempan... Kecuali di goda janda...

P. Pintu : Ilok jagoan kalahnya ama janda....

Besan : (ngomong ama Jago 2).. Maju bang, lu adepin tuh Palang Pintu...

Jago 2 : (ngomong ama Besan) Iya bang.. abang diem-diem aja disini...
(ngomong ama P. Pintu) Bang.. Uler sawah uler beludak.. nyusurin jalan di tanah licin... Kalo gua udah bertindak.. Ntar nasi prasmanan bisa gua abisin...

P. Pintu : Besan kemaruk...

Besan : (ngomong ama Jago 2) Lu bikin malu ajah.. Masa lu mao abisin sendiri..

P. Pintu 2 : Bang,., Blarak kayu jati.. Blaraknya dari Ciapus.. begerak lu mati.. kaga begerak lu mampus...

Jago 2 : Kancil berlari di pinggir Setu... Ambil gala terus tancepin... Sendiri jatoin palang pintu.. Nih orang yang belon pernah kalah bakal ngadepin..

P. Pintu 2 : Bang... Palmereh banyak Cinenye.. Rawa Belong banyak Betawinye... Ehh baju mereh gua gak kenal namenye.. Begerak dikit bolong lu pipinye...

Jago 2 : Bang.. nih lu kenalin.. nama gua Rojali.. Orangnya item matanye jeli.. Ini ari musuh gua kaga cari.. kalo udah berantem, pantangan buat lari...

P. Pintu : Lu kaga mo lari juge ??

Jago 2 : Pegimana mo lari.. ada rombongan bego...

P. Pintu 3 : Bang,, Tung-tung alang-alang... alang-alang makanan sapi... Kalo emang lu kaga mao pulang.. berati lu udah siap bakalan mati...

Jago 2 : Bang,.. Roti Buaya kembang kelapa di Betawi buat arak-arakan... Eh biar kata ilmu gua belom seberapa.. kalo udah kena bekelai, ucus lu gua keja berantakan...

P. Pintu 3 : Bang.. kalo kata orang sini ya.. Maaf-maafan bukan cuman Lebaran.. Kalo perlu tiap ari asal penuh kesadaran.. Kalah menang kaga jadi ukuran.. Nyang penting kita jalin persodaraan...

Jago 2 : Gua demen begini.. (sambil julurin tangan buat salaman)...

P. Pintu 3 : Kaga pake bekelai kite.. (sambil nyambut salaman)... (tiba-tiba)... Ciaaattt..... (ternyata cuman boongan aja...)

Jago 2 : Wahh... Jagoan tukang boong...

 Akhirnya P. Pintu 2 dan P. Pintu 3 dari pihak Perempuan bekelai ngeroyok Jago 2 dari pihak Lelaki. Di tengah perkelahian, mereka adu pantun kembali....

Jago 2 : Bang... Ke Glodok beli menjangan... Jangan lupa bawain gua ikan tongkol... Dari pada itu golok bakal pajangan.. mending lu kasih si Udin buat ngupasin jengkol..

P. Pintu 2 : (sambil ngeluarin golok)... Asal lu tau aja bang.. Ini golok gua satu-satunya dari Cibatu... Dibikinnya di bulan Maulud tanggal satu... Lu di depan gua jangan belagu.. Ntar gua tenggel pala lu buat ganjelan pintu.

P. Pintu 3 : (Nanya ke Jago 2)... Lha, lu sendiri itu golok ngapa kaga lu keluarin bang ?

Jago 2 : Asal lu tau aja bang... Tadi ada orang Jawa minta dianterin ke Glodok... Mao beli keran yang rada panjangan... Ehh.. kalo gua udah keluarin ini golok... Tujuh kelurahan pada kemalingan...

Besan : Asal jangan abis mantun ntar lu di bawa ke Polsek...

 Mereka bekelai kembali dengan sengit sambil menggunakan senjata mereka yaitu GOLOK...
 Dan... pertandingan kali dimenangkan dengan susah payah oleh Jago 2 dari pihak lelaki...

Besan : Pegimana bang... ? Jagoan abang udah pada koit bang.. apa rombongan saye udah bole masup ??

P. Pintu : Ntar dulu bang.... Manisan Cerme jangan diabisin... makan nasi di atas bale.. Syarat pertame udah abang penuhin... Tapi masih ada syarat nyang kedue..

Besan : Masih ada lagi bang syaratnye ? Sebutin dah bang....

P. Pintu : Bang.. Tukang sekuteng dagangnya malem.. Jalannye muter ke pasar Kranji... Saye minte abang kaga cuman jago berantem.. tapi saya pengen denger abang pada ngaji...

Besan : Cuman itu bang syaratnye ?

P. Pintu : Kalo itu bisa.. silakan dah masup bang...

Besan : Bang.. Tumbuk ketan jadiin uli.. Ulinye juga kudu ditapein... Betaun-taun anak Betawi belajar ngaji... Nih Sikehnye tulung dengerin...

 Sikeh pun dilantunkan dengan merdu dan jelas...

Besan : Pegimana bang ?? Apa ada lagi syaratnya bang ?

P. Pintu : Udah bang... Silakan dah abang ama rombongan pada masup bang...

Besan : Bang... Siang ari di Gondasari.. kalu malem ada di Munjul.. Ini ari dia mukanye beseri.. Lantaran besok malem dia mao macul...

 Dan... Lagu Sholawat pun dinyanyikan oleh Tim Marawis/ Hadroh mengiringi masuknya penganten Lelaki ke rumah Penganten Perempuan... Dan Drama Palang Pintu pun usai...








Deskripsi :

 Para Jago dari rombongan besan lelaki menggunakan pakean serba merah, khususnya Jago 2 dalam naskah di atas.

 Para Jago dari rombongan palang Pintu pihak Perempuan, menggunakan pakean bebas (selaen merah), kalo bisa warna item.

 Besan (Jubir), Jago 1 dan Jago 2 merupakan dari rombongan pihak Laki-laki. Sedangkan, P. Pintu (Jubir), P. Pintu 1, P. Pintu 2 dan P. Pintu 3 merupakan dari pihak Perempuan.

 akan ditentukan kemudian.

2 komentar: